Cari Data
December 2019
M T W T F S S
« Jul    
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
Ganti Bahasa
Arsip Bulanan

Archive for the ‘HAK CIPTA’ Category

JAKARTA—Pemerintah kini melakukan revisi terhadap Undang Undang Hak Cipta (UU No 19/2002) guna menyelaraskannya dengan perkembangan internasional di bidang hak cipta.
Yuslisar Ningsih, Direktur Hak Cipta Ditjen Hak Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM mengemukakan revisi tersebut masih dalam tahap pembahasan, setelah itu baru dibahas di DPR. Read the rest of this entry »

JAKARTA–Temuan para ahli forensik komputer (SEA Forensic Study: Malware Study 2013) menunjukkan bahwa peredaran piranti lunak bajakan selalu membawa resiko terjangkitnya virus berbahaya atau malware baru yang sangat merugikan konsumen. Read the rest of this entry »

JAKARTA—Intellectual Property Alliance (IIPA) merekomendasikan kepada United States Trade Representative (UTR) supaya mempertahankan Indonesia dan  enam negara lainnya pada  level priority watch list untuk tahun 2013. Read the rest of this entry »

JAKARTA—Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Ditjen Hak Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM melakukan razia dan penggerebekan terhadap penjual VCD, DVD, CD dan software bajakan di kawasan Glodok, Jakarta Pusat.
Razia yang dilakukan selama satu hari (1 Februari 2013), Penyidik berhasil menangkap sejumlah barang bukti berupa CD, VCD, DVD dan software bajakan sebanyak 479 karung dan 421 kardus. Read the rest of this entry »

Oleh Suwantin Oemar
Bisnis Indonesia

JAKARTA: Tingkat persentase pembajakan software di dalam negeri, sebagaimana dirilis oleh Business Software Alliance pada tahun ini cukup tinggi, mencapai 87%. Angka sebesar itu hampir sama dengan yang terjadi di beberapa negara di Afrika. Dengan angka itu berarti dari total software yang beredar di dalam negeri hanya 12% yang asli, sisanya barang bajakan.
Hampir semua perangkat lunak telah dibajak bisa berbentuk sistem operasi, antivirus, pengolah gambar dan lain-lain.
Menurut hasil penelitian yang pernah dilakukan oleh LPEM-Fakultas Ekonomi UI bekerja sama dengan Masyarakat Indonesia Anti Pemalsuan (MIAP) belum lama ini terungkap bahwa banyak faktor penyebab maraknya pembajakan. Read the rest of this entry »

Konsultan HKI